Burung Penghisap Madu

Kolibri atau burung penghisap madu adalah satu diantara sekian banyak burung yang bernyanyi dengan indah. paruhnya yang kecil nan panjang dipakainya untuk menghisap madu madu yang dihasilkan oleh berbagai macam tumbuhan buah.

Burung penghisap madu atau kolibri adalah familia burung yang hidup di kawasan Oseania, Familia ini kurang lebih terdiri dari 182 spesies dalam 42 genus yang berbeda. 

Kolibri rata rata memiliki ukuran tubuh yang kecil bahkan lebih kecil dari burung pipit pemakan biji bijian. 

Keluarga burung penghisap madu ini ditemukan hampir disluruh tempat yang terdapat pepohonan dan bunga maupun buah buahan yang memiliki bunga / menghasilkan madu sebelum menjadi buah, terutama adalah untuk daerah tropis burung ini biasa singgah diperkebunan dan tidak jarang juga singgah di perumahan perumahan yang diareal tersebut banyak tumbuh buah buahan.

Selain madu burung ini juga merupakan burung pemakan buah buahan kecil seperti talok , kismis, maupun buah kecil lain yang umumnya jarang dikonsumsi oleh manusia. 

Burung penghisap madu memiliki banyak jenis dan ragam warna serta nama, mulai dari yang hijau muda , abu abu , merah , kuning , bahkan tidak jarang diantara mereka yang memiliki warna kombinasi, biru , kuning dan abu abu , merah dan hitam , serta aneka macam kombinasi warna yang lainnya. 

Ciri khas dari burung penghisap madu adalah paruhnya yang kecil dan panjang dimana dengan paruh itu dia dapat menghisap madu bunga yang berada di tempat sempit sekalipun atau madu dari bunga yang memiliki kelopak bunga yang panjang. 

Burung ini termasuk kedalam salah satu burung yang memiliki keseimbangan tubuh dan jam penerbangan yang cukup tinggi karena burung ini bisa menghisap madu sambil terbang diantara pepohonan tanpa harus memijakkan kaki di tangkai atau bunga yang hendak dihisap madunya.

No comments:

Post a Comment