Lalat Pikat

Pikat adalah lalat berukuran besar dan pengisap dan penjilat darah. Hewan ini, khususnya yang betina, senang berkerumun di sekitar tubuh ternak menunggu kesempatan untuk hinggap dan menghisap darah. Spesies yang sering menyerang manusia dan ternak biasanya dianggap hama, karena gigitan dari lalat betina dan penyebaran penyakit serta parasit melalui lalat ini. 

Berbagai spesies lalat ini berkisar dari ukuran sedang sampai besar. Beberapa jenis, misalnya deer fly dan Australian March fly membuat suara sangat bising sewaktu terbang, meskipun cleg, misalnya, terbang diam-diam dan menggigit tanpa peringatan. 

Lalat pikat dapat terbang dengan cepat dan tangkas serta lihai, pernah diamati lalat ini bermanuferseperti penerbang jet tempur kelas atas. Meskipun dianggap hama, lalat ini juga penting sebagai pembantu penyerbukan sejumlah bunga. Khususnya, beberapa spesies di Africa selatan seperti proboscides yang sangat panjang beradaptasi pada ekstraksi nektar dari bunga-bunga yang mempunyai tabung corolla panjang dan sempit seperti Lapeirousia dan sejumlah Pelargonium. lalat pikat ada di seluruh dunia, hanya tidak dijumpai pada sejumlah pulau-pulau terpencil di samudra atau tempat-tempat pada lintang utara dan selatan yang ekstrem.


No comments:

Post a Comment