Ulat Pisang | Entung

Entung atau ulat pisang adalah satu diantara sekian jenis ulat yang tidak berbahaya, ianya tidak seperti ulat yang lain yang dapat menimpulkan gatal gatal dan perih pada bagian tubuh yang terkena tubuh atau bisanya, bahkan ulat ini adalah salah satu ulat yang sangat jinak dan tidak memiliki alat pertahanan diri. 

Untuk menyembunyikan dirinya dari binatang buas ia bersembunyi didalam daun yang dibentuk seperti kolong atau contong yang ia rekatkan sehingga berbentuk seperti teropong. ia hidup cukup lama didalam contong tersebut hingga nantinya ia menjadi sebuah kepompong yang kemudian bermetamorfosis menjadi kupu kupu.

Seperti kita tahu bahwa ulat adalah jenis hewan yang sangat spesifik dalam memilih makanannya, seperti halnya ulat pisang ini , ianya adalah ulat daun pisang yang mengkonsumsi daun pisang, untuk bertahan hidup dan kemudian menjadi kepompong selama fase bertapanya sehingga nantinya ia menjadi se ekor kupu kupu yang cantik.


Dalam fase ini ulat pisang atau entung ia seringkali menjadi buruan dari para pemelihara burung dimana ianya adalah salah satu pakan alternatif untuk burung yang mengkonsumsi ulat, ada juga mereka yang mempergunakan entung ini sebagai umpan untuk memancing ikan atau lele. 

Keberadaannya pada daun pisang tidak seperti ulat lainnya dimana ia tidak merusak buah maupun pohon pisang serta tidak juga menimbulkan banyak kerusakan melainkan ia hanya memanfaatkan daun pisang sebagai tempat untuk berlindung tubuhnya pada fase ulat dan kepompong sebelum nantinya ia menjadi kupu kupu.

Anda tahu entung dan pernah melihat entung ?

No comments:

Post a Comment