Ulat Serit Api

Ulat Serit Api atau dalam bahasa daerah saya disebut ulat senggenit adalah salah satu jenis ulat yang cukup berbahaya , sengatan dari bulu bulu kecilnya yang mengandung racun jika mengenai kulit akan terasa sangat pedih dan perih bagaikan terkena tusukan jarum ratusan kali dan hal tersebut akan berlangsung cukup lama. bagi mereka yang sudah pernah menato kulit tubuh efek samping dari ulat serit api ini kurang lebih sama.

Bagi mereka yang tidak biasa merasakan perihnya ditusuk jarum atau terkena sengatan bulu dan atau racun ulat ini akan merasa sangat kesakitan , khususnya bagi anak anak. Sengatan dari bulu Ulat Serit Api ini juga lebih menyakitkan daripada sengatan lebah madu, karena sengatan bulu api akan terasa diarea yang terkena sengatan atau racun dan bisa menyebar jika tidak segera dicegah atau menghindar dari lokasi tempat ulat serit api berada. 

Sepintas ulat ini terlihat biasa dan kurang berbahaya jika dibanding dengan ulat bulu atau ulat kuda dalam bahasa daerah saya. karena bulu yang mengandung racun dari ulat ini lebih sedikit dibanding dengan ulat bulu, selain itu mereka juga tidak seperti ulat bulu yang siklus penyebarannya berlangsung sangat cepat. 
Ulat ini sangat pandai menyembunyikan diri disamping karena warnanya yang hijau dan kekuningan seperti dedaunan, ulat ini juga jarang sekali menyebabkan kerusakan pada tempat dimana dia berada. 

Disebut ulat api menurut sebagaian orang karena akibat dari sengatan ulat ini seperti terkena bara api, dan efek samping yang berimbas pada kulit yang terkena bulu dan atau racun dari ulat ini seperti terkena jilatan api berkali kali. 

Ulat api adalah salah satu musuh utama yang sangat di takuti perkebunan kelapa sawit karena ulat tersebut menimbulkan efek kerugian yang cukup besar.

No comments:

Post a Comment