Jenis jenis Lebah Madu

Sebelum masukkan lebah ke stup kita perlu tahu jenis jenis lebah. Berikut jenis lebah agar tidak salah dalam memilihnya, beserta tugas dan penjelasannya.

1. Lebah Pekerja

Dialah yang paling sering kita lihat berkeliaran diluar stup, lebah ini bertugas untuk mencari nectar dan mengumpulkannya, membersihkan sarang, memberi makan lebah jantan dan lebah ratu, menjaga sarang lebah agar tetap aman, bertugas mengumpukan tepung saridan air serta lebah ini juga yang bertugas membangun sarang lebah

2. Lebah Ratu

Memiliki tubuh yang memanjang. Lebah ini yang paling penting, dia yang diikuti oleh lebah pekerja dan lebah jantan. Memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup sebuah koloni lebah. Dalam sehari lebah ini bisa menghsilkan lebih dari 1000 telur. Lebah ini menghasilkan tiga jenis lebah, lebah pekerja, lebah ratu itu sendiri dan lebah jantan.

3. Lebah Jantan

Dia yang bertugas mengawini lebah ratu. Setelah mengawini lebah ratu lebah ini akan segera mati. Memiliki tubuh paling besar dibandingkan lebah lainnya. Dia mempunyai dua testis yang masing-masing dapat menghasilkan spermatozoa.

No comments:

Post a Comment