Lalat Buah

Lalat buah, atau bahasa latinnya disebut Bactrocera, sp, merupakan salah satu hama yang sangat ganas dan menyerang tanaman para petani , Lalat buah adalah hama yang banyak menyerang buah-buahan dan sayuran, termasuk juga tanaman cabai tidak luput dari binatang atau serangga yang satu ini. 

Ada berbagai macam cara mengatasi lalat buah, mulai dari cara aman tanpa insektisida hingga mengendalikan lalat buah dengan insektisida, cara aman dengan tanpa insektisida adalah dengan cara memasang jebakan untuk lalat yang sudah banyak tersedia di toko toko seperti halnya jebakan yang dipergunakan untuk membasmi lalat pada umumnya. 

Secara sepintas, lalat buah mirip dengan lalat rumah, terutama ukuran tubuhnya yang hampir sama atau sedikit lebih kecil, namun jika dilihat lebih teliti lalat buah hampir mirip dengan lebah kunir dengan tubuh yang mirip lalat atau lebah madu namun lebih kecil. 

Lalat buah merupakan hama yang potensial menimbulkan kerugian besar pada tanaman hortikultura di seluruh dunia, hampir semua petani sangat tidak menyukai kehadiran lalat buah ini. kehadiran mereka tidak hanya menjengkelkan akan tetapi sangat merugikan terutama ketika tanaman yang di usahakan oleh petani mengalami banyak kerugian karena hasil panen mereka busuk dan tidak dapat dimanfaatkan.

Penyemprotan , pemasangan jebakan dan atau perangkap adalah salah satu cara untuk mengendalikan penyebaran dari serangga pengganggu yang satu ini, tujuannya adalah agar supaya tanaman dan atau hasil panen tidak habis dimakan lalat dan mengalami banyak kerugian. 

Lalat Buah

No comments:

Post a Comment