Nyamuk Malaria

Anopheles (nyamuk malaria) merupakan salah satu genus nyamuk yang cukup berbahaya. Terdapat ratusan  spesies nyamuk Anopheles yang bertebaran dimuka bumi, namun diketahui hanya sekitar 30-40 spesies yang menyebarkan malaria secara alami. Anopheles gambiae adalah paling terkenal akibat peranannya sebagai penyebar parasit malaria (Plasmodium falciparum) dalam kawasan endemik di Afrika, sedangkan Anopheles sundaicus adalah penyebar malaria di Asia.

Penyebaran penyakit malaria pada manusia dilakukan oleh nyamuk Anopheles betina yang sudah terinfeksi parasit Plasmodium. Plasmodium adalah jenis parasit yang menyebabkan malaria. Ada banyak sekali jenis parasit Plasmodium, tapi hanya lima jenis yang menyebabkan malaria pada manusia. Parasit Plasmodium hanya disebarkan oleh nyamuk Anopheles betina.


Malaria adalah penyakit menular akibat infeksi parasit plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk malaria yang bernama Anopheles. Gigitan nyamuk malaria ini lebih sering terjadi pada malam hari, dimana manusia sedang terlelap setelah aktivitas disiang hari, dan tubuh manusia sedang mengalami kelelahan dan tidak terjaga.

No comments:

Post a Comment